Rabu, 12 September 2018

Ramadan, Permintaan Buah Naga Naik 100%


Buah Naga Mie Ayam Jamur Medan

Permintaan untuk buah naga merah yang dijual di perkebunan Iwan di Bukit Harapan, Kabupaten Aceh Singkil, meningkat menjadi 100% selama Ramadhan.

Iwan, petani buah Naga di Bukit Harapan, mengatakan, selama bulan puasa ini permintaan buah naga meningkat dari 10 kg menjadi 20 kg per hari dengan harga Rp 30 ribu / kg.

"Selama berpuasa, orang lebih suka membeli buah untuk berbuka puasa, karena selain buah naga segar juga sangat bermanfaat bagi kesehatan," kata Iwan, Minggu (10/6/2018).

Iwan, yang sukses dalam bisnisnya, awalnya, hanya bersenjata diam-diam untuk menanam buah naga sebagai hiasan tanaman di sekitar halaman rumahnya.

Iwan, satu-satunya petani buah naga yang sukses di Aceh Singkil, mulai bekerja selama 6 tahun, dimulai dengan menanam pohon di halaman rumahnya. Saat ini, tanaman buah naga miliknya memiliki 200 batang.

Iwan mengakui bahwa hasil dari tanaman yang telah dia kerjakan selama 6 tahun akhirnya berbuah manis. Setiap hari, ada pembeli buah naga ke rumahnya. Buah naganya tidak pernah dibawa ke pasar untuk dijual.

"Pembeli dipersilakan memilih langsung ke kebun yang harganya Rp30 ribu / kg," katanya.

Apalagi, selama bulan Ramadan ini, pembeli reguler datang ke kebun. Mereka lebih suka membeli langsung ke kebun karena buah naga di pasaran harganya Rp. 40 ribu / kg.

Menurut Iwan, buah naga merah bisa menghasilkan setidaknya 8 bulan dan maksimal 14 bulan. Itu juga tidak luput dari matahari yang harus dipenuhi.

Iwan mengatakan, keuntungan lain dari menanam pohon buah naga adalah panjangnya yang agak panjang karena usia pohon mencapai 25 tahun. Iwan juga menggunakan kompos organik yang tidak terbuat dari bahan kimia.

0 komentar:

Posting Komentar

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Popular Posts

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

BTemplates.com

Blogroll

About

Copyright © iam keira91 | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com